Jumat, 02 Maret 2012

Manasik Haji 1433 H (Part 1)

Assalamu'alaikum sobat-sobat dakwah! :D
Alhamdulillahirabbil 'alamin puji syukur kita panjatkan ke khadirat Allah SWT yang telah memberikan berjuta-juta nikmat, yaitu nikmat iman, nikmat sehat, dan nikmat Islam, sehingga pada tanggal 23 Februari 2012 yang lalu Rohis One dapat melaksanakan kegiatan 'Manasik Haji'. Shalawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepada junjungan kita, uswatun hasanah kita Nabi Muhammad SAW karena tanpa perjuangan beliau kita takkan dapat sampai pada zaman yang penuh dengan karunia Islam ini.

Kegiatan Manasik Haji ini diadakan untuk kelas 10 di SMA Negeri 1 Tangerang. Kegiatan ini disesuaikan dengan kurikulum materi Agama Islam di kelas 10 juga lho... yaitu materi Haji dan Umrah. Rohis One disini sebagia pembantu pihak sekolah untuk menyelenggarakan acara ini setiap tahunnya. Ya sudah langsung saja kita lihat foto-foto saat pelaksanaannya yuk!




Sejak Kamis malam hari sebelumnya panitia sudah menyiapkan lokasi acara lho! Dan setelah beberapa persiapan terakhir pada pukul 7 pagi esok harinya, lokasi Manasik Haji di Lapangan Ahmad Yani sudah siap digunakan!





Sementara itu, di sekolah masing-masing Kabim (Kakak Pembimbing) dan kelasnya sudah mempersiapkan peserta agar berkumpul di lapangan sekolah untuk  prosesi pelepasan jamaah Manasik Haji 1433 H oleh pihak guru.



Ini dia Akhi-Ukhti Kabim sedang berkumpul untuk briefing sebelum acara! 





Di lapangan para peserta diberi sedikit pengarahan oleh Abi Undang Rukman dan Ibu Hj. Suarni Muchtar.
Setelah itu, Bapak Kepala Sekolah kita Bapak H. Prastowo memberikan sambutan yang mengiringi pelepasan peserta Manasik Haji 1433 H dari "Bir Ali" (Miqat pada pelaksanaan Haji atau Umrah yang pada acara Manasik Haji ini di SMA Negeri 1 Tangerang).

Regu pertama dari kelas X-1 yang dibimbing oleh Akhi Muhammad Khosyatullah Jamal sudah siap meninggalkan gerbang  sekolah menuju "Mekkah" (Lapangan Ahmad Yani). 
Para peserta sedang menyebrangi jalan menuju "Mekkah" dibantu oleh beberapa panitia.

Sesampainya di Mekkah masing-masing Regu mengabadikan momen Manasik Haji kali ini dengan berfoto bersama... Mau lihat hasil foto-fotonya? klik disini




Setelah berfoto bersama. Para Kabim dan pesertanya dengan semangat melakukan tawaf di Masjidil Haram.

Setelah melakukan tawaf, masing-masing regu melakukan shalat sunnah (dalam kesempatan ini Shalat sunnah Mutlaq) di  Maqam Ibrahim. Dan mereka berdzikir disana.
Setelah itu, peserta beristirahat sejenak dengan meminum "Air Zam-Zam" dan dilanjutkan dengan Sa'i diantara bukit Safa dan Marwah.


Setelah sa'i, masing-masing peserta melakukan Tahalul. 

Sesudah tahalul, para peserta melanjutkan perjalanan menuju Arafah. 


Sesampainya di Arafah, kira-kira peserta Manasik Haji ini mau melakukan apa ya? Tunggu postingan selanjutnya ya! Manasik Haji 1433 H (Part 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Clock

Followers